Cegah Corona, Ini Alasan Tidak Boleh Sentuh Wajah saat Tangan Kotor

  • Whatsapp
banner 468x60

Surabaya – Dua warga Depok, Jawa Barat dinyatakan positif corona. Kini banyak cara bermunculan menangkal virus tersebut. Salah satunya selalu mencuci tangan dan tidak menyentuh wajah dengan tangan.

Jika dalam medis, Dokter Umum Medicelle, Dr Puspita Dyah Ardyani mengatakan, virus corona penyebaran paling tinggi melalui droplet (air liur) yang mengeluarkan virus. Molekul virus itu terbang atau keluar dari bersin atau batuk orang yang terkena virus corona dan bisa masuk ke tubuh dengan menghirup udara.

Selain dari droplet, penularan virus juga dapat melalui tangan. Sebab, tangan merupakan bagian tubuh yang paling kotor dan berhubungan langsung dengan benda.

“Karena tangan pegang apapun yang banyak bakteri, entah salaman dengan penderita, orang yang terinfeksi batuk, yang menutup mulut, memegang barang kemudian kita menyentuh barang itu,” kata Dr Dyah saat dihubungi detikcom, Rabu (4/3/2020).

Menurutnya, yang paling sering disentuh oleh tangan ialah wajah. Melalui tangan yang menyentuh wajah dapat menimbulkan infeksi yang lain.

“Dari droplet yang sudah di tangan kita, otomatis ke hirup ke hidung kita masuk ke saluran pernafasan kita,” ujarnya.

Dia mengatakan, yang paling banyak dan berisiko adalah hirupan hidung atau mulut, bukan dari kulit wajah. Meskipun bisa, tetapi kecil kemungkinan, sebab pori-pori kulit wajah kecil.

“Virus atau bekteri memang bisa masuk lewat pori-pori kulit tapi kesempatannya kecil, paling besar kesempatannya virus tersebut masuk dari mulut dan udara yang dihirup,” jelasnya.

Dan yang pasti, jelas dia, hindari kontak dengan penderita covid 19 atau corona. Dia juga menganjurkan 5 cara kepada masyarakat agar terhindar dari berbagai virus, salah satunya virus corona.

  1. Rajin mencuci tangan dengan sabun dan air yanv mengalir, trutama setelah bepergian dari luar rumah
  2. Jangan memegang wajah, mata, hidung dan mulut sebelum cuci tangan
  3. Gunakan masker ketika sakit batuk dan pilek, saat berada di keramaian, saat di rumah sakit
  4. Menutup mulut dengan tisu atau lengan ketika batuk
  5. Makan makanan yang bergizi, istirahat cukup, olahraga teratur. (mb/detik)
banner 300x250

Related posts

banner 468x60