“Kita tadi cek ke sana tapi belum ketemu. Tadi saya ke sana sampai jam 14.00-an Wita nggak ketemu, ya sudahlah besok kami ke sana lagi,” kata Kasi Pengawasan dan Penindakan Keimigrasian Kantor Imigrasi Denpasar Yoga Arya Prakoso ketika dihubungi, Rabu (24/10).

Yoga mengatakan pihaknya ingin memastikan status kewarganegaraan bule yang minta disebut Toto itu. Dia juga akan mengecek soal izin tinggal hingga dokumen keimigrasian bule yang viral karena mengais dan makan dari tong sampah itu.

“Nanti kita lihat apakah ada pelanggaran imigrasi. Katanya warga negara Bulgaria tapi kan belum lihat dokumen paspornya, kalau sudah lihat dokumennya, izin tinggalnya sampai kapan, masuknya seperti apa, apakah betul nggak punya uang, tiket pulangnya kapan. Nanti kita lihat,” tuturnya.

Yoga mengakui pihaknya baru mengetahui kasus bule yang mengais dan makan dari sampah ini karena telah viral. Selama ini dia menyebut tidak ada laporan yang masuk terkait bule tersebut.

“Selama ini kan, nggak terpantau. Artinya dia ngambil di sampah nggak menganggu orang lain, juga nggak ada pelanggaran, dan nggak ada yang ngelapor lagi,” jelas Yoga.

Sebelumnya diberitakan, bule yang viral tersebut diketahui bernama Toto. Dia mengaku berkewarganegaraan Bulgaria. Dia kerap mengais makanan dari tong sampah, karena mengaku ingin berhemat.

“Saya senang travelling, jadi untuk membeli tiket, kamu harus menghemat di uang makan dan tempat tinggal,” kata Toto ketika ditemui Selasa (23/10). (mb/detik)